Syarat dan Cara Memasukkan Produk ke Supermarket Beserta Langkah-Langkahnya

 Syarat dan Cara Memasukkan Produk ke Supermarket Beserta Langkah-Langkahnya

Memasukkan produk ke supermarket tentu saja menjadi harapan setiap pengusaha. Karena ini bisa membuat produk menjadi lebih dikenal luas. Akan tetapi, tidak banyak orang yang tahu cara memasukkan produk ke supermarket. Ada beberapa persyaratan dan tahapan yang harus dipenuhi untuk bisa menjual produknya di supermarket.

Tentu saja persyaratan yang dimaksud terkait dengan produk yang akan dipasarkan di supermarket. Agar bisa didaftarkan untuk dipasarkan di supermarket, sebuah produk harus memenuhi beberapa standar yang sudah ditentukan.

Simak apa saja syarat dan tata cara memasukkan produk ke supermarket di ulasan berikut.

Persyaratan

Untuk dipasarkan di supermarket, produk harus memenuhi beberapa persyaratan. Misalnya saja seperti izin yang jelas, label halal untuk kategori pangan, dan sebagainya. Berikut pembahasan apa saja persyaratan yang dibutuhkan:

      Produk memiliki nilai potensi. Sebelum mendaftarkan produk, perlu diketahui kategori produk dan di bagian apa produk bisa dipasarkan.

      Sudah mempunyai merk. Adanya merek pada produk menjadikan produk memiliki identitas yang kuat dan dapat meyakinkan calon pembeli.

      Mempunyai izin. Untuk bisa diterima di supermarket, produk harus mempunyai izin resmi. Misalnya saja seperti izin edar dari BPOM dan sebagainya.

      Mempunyai dokumen umum. Ada beberapa dokumen yang umumnya diwajibkan untuk mendaftarkan produk. Dokumen yang dimaksud ialah KTP pemohon, surat keterangan permohonan, SIUP dan NPWP perusahaan, dan surat perizinan lainnya.

      Sudah mendapatkan keterangan kesehatan dari Kementerian Kesehatan. Supermarket memiliki kredibilitas yang baik sebab menjamin setiap produk yang dipasarkannya sudah melalui pemeriksaan, termasuk pemeriksaan oleh Kementerian Kesehatan.

      Mempersiapkan gudang penyimpanan serta armada pengiriman. Umumnya, supermarket akan meminta pengiriman pasokan produk dalam jumlah yang besar secara berjangka.

Cara Memasukkan Produk ke Supermarket

Sebenarnya, setiap supermarket mungkin memiliki metode mendaftarkan produk yang berbeda-beda. Akan tetapi, ada cara memasukkan produk ke supermarket yang umumnya bisa diaplikasikan ke mayoritas perusahaan ritel nasional. Adapun berikut ini langkah-langkahnya:

1. Ketahui Kontak Perusahaan Pusat

Untuk bisa mendaftarkan produk ke supermarket, pengajuan harus ditujukan kepada kantor pusat dari perusahaan ritel. Artinya, diperlukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kantor pusat dari supermarket yang dituju. Usai mengetahui kantor pusatnya, kunjungi bagian pembelian.

Bagian ini merupakan bagian yang bertanggung jawab untuk menerima penawaran produk dari pemasok. Akan lebih baik jika pemasok dapat mengetahui kontak dari pihak pembelian perusahaan ini. Dengan demikian, proses pitching pengajuan produk bisa lebih tepat.

2. Pastikan Persyaratan Lengkap

Usai mendapatkan informasi kontak dari bagian pembelian perusahaan yang dituju, periksa kelengkapan persyaratan umum. Meskipun selanjutnya diperlukan penyesuaian kembali dengan persyaratan khusus yang diminta oleh perusahaan, setidaknya siapkan persyaratan umum terlebih dahulu.

Perihal izin usaha dan produk, NPWP, keterangan kesehatan, serta surat permohonan merupakan dokumen yang umumnya wajib sudah dipersiapkan. Untuk beberapa perusahaan biasanya juga akan meminta izin halal dari MUI.

3. Hubungi dan Ajukan Permohonan

Untuk memastikan adanya tambahan persyaratan lainnya, hubungi pihak pembelian dari perusahaan. Apabila persyaratan sudah lengkap maka ajukan permohonan untuk memasok produk. Tidak jarang, pemasok diminta untuk menjelaskan produk dan membawa dokumen persyaratan secara langsung.

4. Tunggu Purchase Order

Umumnya, cara memasukkan produk ke supermarket ini tidak langsung berhasil. Perusahaan akan meninjau kembali dan menghubungi pemasok apabila sudah menyetujui permohonan. Persetujuan dari perusahaan juga diikuti dengan purchase order yang lengkap dengan informasi jumlah produk serta waktu pengiriman.

5. Dapatkan Listing Fee

Selanjutnya, perusahaan akan memberikan listing fee yang berkaitan dengan pembayaran. Dari listing fee ini, pemasok akan mendapatkan nomor supplier serta nomor registrasi produk. Sementara itu, untuk pembayaran biasanya berjangka sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Itulah ulasan mengenai persyaratan dan cara memasukkan produk ke supermarket yang wajib diketahui untuk mulai memasarkan produk ke khalayak lebih luas. Tentunya terbilang cukup mudah bukan?

 

Belum ada Komentar untuk "Syarat dan Cara Memasukkan Produk ke Supermarket Beserta Langkah-Langkahnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel