Apakah Yang Dimaksud Dengan Hosting - Hal Hal Yang Wajib Kamu Ketahui

Halo halo semuanya perkenalkan aku Icha nih, kembali lagi dengan saya di sayaicha.com

Di kesempatan ini aku akan membahas tentang  Apa itu hosting, tapi aku juga akan  membahas sedikit tentang domain, karena  kedua elemen ini saling berkaitan loh.

pastinya sobat sobat icha.com disana sering banget dapet pertanyaan sekitar, apakah yang dimaksud dengan hosting sih cha? kalau domain itu apa? lalu jika aku pilih paket buat pemula, enaknya yg mana yaa.

Sebelum itu jangan lupa siapkan snack, minuman, comment dibawah kalau perlu agar  kamu mendapatkan informasi lainnya di website sayaicha.com tercinta ini ya. 

Pasti saat  ini Kamu sedang bertanya-tanya apa itu  hosting, hosting atau biasa disebut dengan webhosting adalah sebuah tempat  dimana file dan data yang diperlukan  website disimpan, serta dapat diakses dan  dikelola melalui internet. 

Apakah Yang Dimaksud Dengan Hosting
webhosting dan pernak perniknya

File website  yang disimpan pada hosting berupa teks, gambar, video, script, kekasih (ehehehe) dan juga  database. Ketika kamu menggunakan  internet untuk mengunjungi sebuah  website yang kamu lakukan pertama kali  pada browser adalah mengetikkan nama  domain(detik.com, facebook.com, sayaicha.com…) atau kata kunci tertentu,betul enggak?

Nah kemudian komputer akan terhubung ke  server dan halaman website, setelah itu data akan  dikirimkan dan ditampilkan melalui browser, Contohnya seperti halaman  berikut ini 
Contoh halaman linkedin nih
Oleh karena itu jika kamu  ingin memiliki sebuah website yang kece, domain dan  hosting adalah hal utama yang harus kamu  beli dan miliki.
Nah untuk memperjelas  mengenai pengertian Apa itu hosting, aku juga akan memberikan gambaran antara  hosting dan domain dulu nih sobat icha. Hosting bisa  diibaratkan sebagai sebuah rumah yang  disewakan dengan ukuran tertentu; dan  setiap bangunan rumah pasti memiliki  ukuran yang berbeda antara Rumah A dan juga rumah B. 
Sedangkan domain adalah nama dari nomer WhatsApp kamu atau sebuah  alamat yang dapat diakses oleh pengguna  melalui internet. 
Setiap komputer memiliki nomor atau alamat yang berbeda yang kemudian disebut dengan alamat IP. setelah menjelaskan Apa itu hosting, perbedaan antar hosting dan domain, aku akan menjelaskan jenis-jenis  hosting.

Masing-masing penyedia jasa  hosting menawarkan jenis hosting yang  berbeda agar sesuai dengan keinginan dan  kebutuhan Klien. 

Berikut contoh hosting  yang sering digunakan oleh kebanyakan orang di Indo maupun di seluruh dunia.

Pertama shared hosting. apakah yang dimaksud dengan shared hosting?  Nah untuk yang Shared Hosting ini merupakan tipe web hosting yang  paling banyak digunakan. Paket ini menjadi pilihan yang pas untuk blog dan web sederhana. Dengan share hosting kamu dapat berbagi server yang sama, berbagi semua Resource seperti memori computing,  CPU, space(hardisk) dan lain-lain dengan  klien lainnya di provider hosting yang  sama.

shared hosting
shared hosting

Kedua VPS atau virtual private  server. Server Hosting kamu masih berbagi server  dengan pengguna lainnya akan tetapi  penyedia hosting telah mengalokasikan  beberapa bagian server untuk kamu sendiri. Kamu akan mendapatkan space, CPU, RAM dan Sebuah OS yang Unmanaged seperti Linux. Jadi Pada VPS ini Klien lebih leluasa dalam memanage Hostingnya dibandingkan dengan shared hosting.

apakah itu vps hosting
vps hosting murah indonesia


Ketiga Cloud hosting. Lalu apakah yang dimaksud dengan cloud hosting? layanan ini merupakan paket yang paling  banyak disukai di pasaran karena dengan  hosting ini tidak ada namanya downtime (Masak cihh), dengan cloud hosting kamu dapat  menggunakan sekelompok server nantinya file dari source direplikasi di setiap server, ketika salah satu server port  sibuk atau bermasalah maka traffic situs  kamu akan secara otomatis Diarahin ke  server lainnya dalam satu Cluster.

cloud hosting murah indonesia
cloud hosting murah indonesia


Keempat  WordPress Hosting, merupakan bentuk lain  dari share hosting dan dibuat untuk  pengguna WordPress. Server dikonfigurasi  secara khusus untuk pop Crash dan situs  kamu dilengkapi dengan plugin seperti caching dan security, karena konfigurasi  sudah sangat optimal maka loading situs  akan lebih cepat dan terhindar dari masalah.

wordpress hosting
wordpress hosting

Kelima Dedicated Hosting,  merupakan server fisik milik kamu sendiri yang secara khusus didedikasikan  hanya untuk situs mu. Penggunaan  dedicated hosting untuk sistem skala korporasi besar, dan kamu dapat  mengkonfigurasikan sistem operasi dan software yang ingin digunakan serta set up keseluruhan sesuai  dengan kebutuhanmu.

dedicated server hosting
dedicated hosting

Gimana? jadi kalau ada yang tanya lagi apakah yang dimaksud dengan web hosting, kamu udah dengan gampang ngejelasi ke temen temen yahh. Setelah kamu udah tahu apa itu hosting, layanannya, dan juga jenis-jenis hosting. Secara garis besar tujuan hosting adalah layanan yang kamu butuhkan untuk tempat website/apps itu dikembangkan. Kami juga pastinya udah dapet gambaran yang lumayan gamblang dari penjelasan diatas tadi, Tentunya sekarang sesuaikan dengan kebutuhan kami sendiri ya sobs.

Belum ada Komentar untuk "Apakah Yang Dimaksud Dengan Hosting - Hal Hal Yang Wajib Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel