Apakah itu Aplikasi SAP, Sejarah dan Perkembangan Aplikasi ERP SAP

Apakah itu aplikasi SAP (ERP SAP)? Sejarah dan Perkembanganya

SAP adalah salah satu vendor software terkemuka di dunia untuk pengelolaan proses bisnis sebuah Pabrik, Perusahaan, dan industri manufaktur. SAP selalu  mengembangkan solusi yang memfasilitasi data processing dan aliran informasi yang efektif di seluruh perusahaan, mulai dari bagaimana departemen Sales mendapatkan order, lalu mengolah order tersebut ke dalam Production Order. 

Lalu tentang bagaimana team teknis merumuskan kebutuhan bahan baku atau formulasi raw materials, tentang bagaimana quality control nya, tentang penyimpanan raw material (bahan baku) dan finished goods (barang jadi), tentang pengaturan stock gudang nya (warehousing), dan sampai barang jadi ini bisa dikirim ke customer. 

Jadi SAP ini mengakomodir seluruh bisnis proses di dalam sebuah perusahaan dari end to end.



Gambaran Umum

Didirikan pada tahun 1972, perusahaan ini awalnya bernama System Analysis Program Development (Systemanalyse Programmentwicklung; dalam bhs jerman), kemudian disingkat SAP. Sejak itu, berkembanglah dari usaha kecil-kecilan oleh lima orang bersahabat, dan menjadi perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Walldorf, Jerman. Dikabarkan saat ini Perusahaan SAP sendiri mempunyai  lebih dari 101.000 karyawan di seluruh dunia.



Dimulai dengan diperkenalkannya software SAP versi R/2 dan SAP R/3 pada sekitar tahun 1972-1979, SAP menetapkan standar global untuk software enterprise resource planning(ERP). Sekarang,  versi SAP S/4HANA membawa ERP menjadi ‘Next Level’ dengan menggunakan teknologi pemrosesan data dalam memori(RAM, Memory Based Software) untuk memproses data dalam jumlah besar dan extra cepat, serta untuk mendukung kebutuhan teknologi canggih seperti kecerdasan buatan (AI), Machine learning, serta kebutuhan IOT (Internet Of Things).

Aplikasi terintegrasi perusahaan(ERP) menghubungkan semua bagian bisnis(Departemen) ke dalam  platform digital secara keseluruhan, sehingga menggantikan platform lama yang biasanya masih menggunakan cara lama, seperti penggunaan excel untuk penghitungan stock barang, dan aplikasi office lainya. 

Saat ini, SAP sendiri memiliki lebih dari 230 juta pengguna cloud based , lebih dari 100 jenis solusi software yang mencakup semua fungsi bisnis, mulai dari kebutuhan aplikasi manufaktur, pabrik oil dan gas, industri penerbangan, manajemen rumah sakit, toko ritel, petrokimia, industri otomotif, dan masih banyak lagi.

Christian Klein kini yang sedang memimpin perusahaan SAP ini, mengepalai Dewan Eksekutif SAP SE, dan pula pada usia 41, adalah CEO termuda dari semua perusahaan besar di indeks pasar blue chip DAX di negara Jerman sana.

Memahami SAP

Memangnya Apasih singkatan dari SAP?

Nama ini merupakan inisialisasi dari nama asli perusahaan Jerman: Systemanalyse Programmentwicklung, yang diterjemahkan menjadi Pengembangan Program Analisis Sistem (memang susah sih kalau diIndonesiakan).  Saat ini nama perusahaan resminya adalah SAP SE — SE singkatan dari Societas Europaea, perusahaan publik yang terdaftar sesuai dengan hukum perusahaan Uni Eropa. Kalau di indonesia mungkin setara kayak PT, Tbk gitu ya.

Bagaimana Anda mengucapkan SAP?

Banyak Orang sering bertanya, "Bagaimana  sih Anda mengatakan SAP?" Ini adalah inisialisasi, bukan akronim, oleh karena itu, diucapkan sebagai huruf individu (S-A-P). SAP tidak diucapkan sebagai kata (“sap”).

Software SAP

Lalu digunakan  Untuk apa software SAP?

Model bisnis tradisional sering kali men-desentralisasikan manajemen data, dengan masing-masing Departemen dalam Perusahaan menyimpan data operasionalnya sendiri dalam database atau Hardisk terpisah. Hal ini tentu akan mempersulit karyawan dari Departemen lain untuk mengakses informasi yang dibutuhkan satu sama lain. Selain itu, duplikasi data (Data Redundant) di beberapa departemen meningkatkan biaya(cost) penyimpanan (Butuh hardisk banyak) dan risiko kesalahan data.


Dengan memusatkan/sentralisasi manajemen data, software SAP menyediakan beberapa fungsi bisnis dengan satu standard global. Ini akan membantu perusahaan dalam mengelola proses bisnis yang kompleks dengan lebih baik. Lalu memberikan kemudahan karyawan dari berbagai departemen untuk mengakses data secara sentral dan realtime. Akibatnya, perusahaan dapat mempercepat alur kerja, meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan produktivitas, meningkatkan pengalaman customer – dan pada akhirnya meningkatkan keuntungan.

Apa itu software ERP?

ERP adalah singkatan dari "Enterprise Resource Planning / perencanaan sumber daya perusahaan" . Software ERP mencakup seluruh aplikasi di bisnis proses inti sebuah Perusahaan, seperti pengadaan, produksi, manajemen material, penjualan, pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia (SDM). SAP adalah salah satu perusahaan pertama yang mengembangkan software standar untuk solusi bisnis dan terus menawarkan solusi ERP terdepan di seluruh industri yang ada di dunia.

Apakah SAP sebuah perusahaan startup?

SAP dimulai dengan sekelompok teman yang memiliki ide besar, bagaimana caranya agar perusahaan yang saling terhubung dan terintegrasi secara digital. Dietmar Hopp, Klaus Tschira, Hans-Werner Hector, Hasso Plattner, dan Claus Wellenreuther memulai perusahaan sebagai kemitraan swasta pada tahun 1972 dan meluncurkan produk komersil pertama setahun kemudian.

Kala itu Para founder dan karyawan bekerja erat dengan customer – sampai sering kali duduk bersama di kantor customer untuk mempelajari kebutuhan dan proses bisnis mereka. Kemdudian sekalian mempelajari lebih lanjut tentang sejarah perusahaan.

Sejak itu, perusahaan SAP telah berkembang dengan mantap, dengan perluasan pasar dan akuisisi di seluruh dunia, untuk bertransformasi dari perusahaan rintisan kecil Jerman menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dan menjadi pemimpin global dalam software bisnis (ERP).

Dan sampai saat ini SAP tidak pernah kehilangan semangat memimpin pasar Global ERP atau tekadnya untuk menciptakan solusi Software yang mengubah kehidupan orang dan Perusahaan menjadi lebih baik.

Apa yang SAP akan lakukan?

SAP membantu perusahaan dan organisasi dari semua ukuran dan industri, untuk menjalankan bisnis mereka secara efektif, menguntungkan, beradaptasi terus menerus, dan tumbuh secara berkelanjutan.



Perusahaan SAP mengembangkan solusi software yang digunakan oleh usaha kecil, perusahaan menengah, dan perusahaan besar. Dengan aplikasi standar, solusi industri, platform, dan teknologi, setiap proses bisnis dapat dipetakan dan dirancang secara berkelanjutan. 

Software ini mengumpulkan dan memproses data pada satu platform, mulai dari pembelian bahan mentah hingga produksi dan kepuasan customer. Aplikasi SAP dapat diinstal "Co-Location" di lokasi Perusahaan atau bisa juga digunakan dengan instalasi di cloud. 

SAP membantu perusahaan menganalisis dan merancang seluruh Supply Chain secara efisien, tersentralisai, dan tepat. Aplikasi SAP juga dapat digunakan untuk membuat perkiraan(forcasting), seperti kapan mesin perlu diperbaiki atau bagaimana perkiraan income Perusahaan, lalu bagaimana perkiraan perkembangan perusahaan dalam setengah atau satu  tahun ke depan.

Selain itu, SAP membantu customer untuk menghubungkan data operasional pada proses bisnis  dan feedback dari customer. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk lebih memahami dan menanggapi customer mereka.

Belum ada Komentar untuk "Apakah itu Aplikasi SAP, Sejarah dan Perkembangan Aplikasi ERP SAP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel