Teknologi Pembantu Manusia


Posting ini dari tugas Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer :)
D
ari Bapak Aryo Pinandito,, setelah minggu pertama membahas tentang Human dan kami diberi tugas untuk memberi 1 contoh teknologi yang membantu manusia dengan menyebutkan kelemahan manusia,, fungsi teknologi,, sensor dan interface teknolgi tersebut.
Nama  : Fircha Yenis Saputri
NIM    :115060900111032
Keterbatasan manusia :
1.    Tidak dapat mengatur dengan benar presisi gambar
2.    Bila ada yang salah tidak bisa di edit(hardcopy)
3.    Faktor lelah (Jika ingin menggandakan harus menggambar ulang lagi)
Teknologi : CorelDraw/Photoshop+Printer
Fungsi : Untuk melakukan editing / membuat suatu design grafis+mencetaknya.
Membuat gambar secara hardcopy yang bagus diperlukan imajinasi dan kecerdikan serta kepiawaian memadukan warna dan garis. Selain itu,, ketika salah akan menimbulkan bekas jika dihapus (menggunakan pensil) bahkan jika memakai pena tidak dapat dihapus.
Dengan adanya teknologi berupa software coreldraw maka gambar dapat di buat secara softcopy kemudian dicetak menjadi hardcopy dengan teknologi hardware printer. Saat membuatnyapun (softcopy) gambar tersebut bisa di edit sebelum akhirnya disimpan dalam format jpg/cdr/png/bmp atau tiff. Ini interface coreldraw
Keterangan :
a.Title bar (1) berisi informasi judul aplikasi dan file yang sedang dibuka.
b.Menu bar (2) berisi menu-menu yang ada di aplikasi CorelDRAW X3.
c.Toolbar terdiri dari Standar (3) perintah-perintah pada menu utama, Property bar (4) berisi tombol-tombol perintah tambahan, Tool box (5) berisi alat untuk mendesain gambar.
d.Ruler (6) sebagai garis pengukur objek.
e.Color Pallete (7) berisi perintah untuk memilih warna objek.
f.Lembar kerja (8) halaman tampilan untuk tempat mendesain objek.
g.Pages (9) sebagai petunjuk halaman yang aktif.

Sensor yang digunakan tentunya berdasar inputan. Misalnya mouse mekanik maka ada 2 pengendali gerak+bola kecil,, sedangkan jika mouse optic menggunakan sebuah led merah sebagai pengganti bola mouse. Cahaya LED ini akan dipantulkan oleh permukaan meja/alas ke sensor CMOS (Complimentary Metal-Oxide Semi konductor). Sensor ini kemudian mengirimkan gambaran permukaan ke Digital Signal Processor (DSP). Ada juga mouse laser yang menggunakan cahaya laser. Selain itu inputannya adalah dari touch pad yang memakai  touch sensor. Sedangkan pada printer terdapat sensor pendeteksi kertas dan driver yang harus diinstal terlebih dahulu.

Belum ada Komentar untuk "Teknologi Pembantu Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel